Jumat, 22 Juni 2018

Inilah cara Memandikan Anak Kucing yang benar

Memandikan seekor kucing itu sendiri terkadang terasa susah, tapi jika Anda mempunyai anak kucing yang kotor, Anda bisa mendaptkan tantangan dengan memandikannya. Walaupun kucing dan anak kucing mampu membersihkan diri mereka sendiri, kadang-kadang memandikan kucing Anda jadi perlu karena sudah terkena sesuatu yang kotor atau jika bulunya berminyak dan perlu dirawat. Anak kucing perlu diberikan kasih sayang yang banyak untuk belajar mempercayai Anda dan air mandinya, terutama jika Anda pertama kali memandikannya.

Kucing mandi di wastafel  ( youtube )
Jadi bagaimana cara memandikan anak kucing tanpa membuatnya panik dan mencakar?

Bersiap Memandikan Anak Kucing Anda

1. Ketahui kapan kucing Anda perlu mandi.

Yang perlu diperhatikan adalah banyak kucing tidak perlu dimandikan sama sekali, karena mereka pintar dalam membersihkan dirinya sendiri. Tapi, anak kucing wajib dimandikan jika kucing Anda kutuan, jika anak kucing yang anda suka main di luar dan terkena kotoran, maka mungkin anda sudah waktunya untuk memandikan kucing tersebut. Jika kucing Anda sangat kecil, maka Anda harus mengelapnya saja dengan kain basah atau lembap bukan dengan cara mandi dengan cara diguyur dan dimasukkan kedalam air, itu sangat beresiko.

Salah satu manfaat memandikan kucing Anda sejak dia masih kecil adalah membuat sikucing terbiasa untuk mandi jika tiba-tiba kucing menjadi kotor. Ingat saja bahwa kucing menghabiskan sekitar 30% dari waktunya dengan merawat diri mereka dan bahwa mereka sebenarnya tidak perlu dimandikan lebih dari sekali atau dua kali setahun kecuali mereka benar-benar kotor dan yang perlu diperhatikan adalah anak kucing dimandikan jika sudah berumur minimal 8 minggu atau 2 bulan,ingat hanya jika terpaksa saja.

2. Potong kuku kucing Anda sebelum dimandikan

Walaupun kucing anda masih kecil dan kalem, mereka akan sedikit meronta ketika Anda memandikan mereka, terutama jika itu untuk pertama kalinya. Untuk melindungi diri dari cakaran oleh anabul Anda, Maka Anda harus memastikan untuk memotong kukunya sedikit sehingga dapat mengurangi kemungkinan sikucing melukai Anda ketika Anda memandikannya. Meskipun cakaran anak kucing mungkin tidak separah kucing dewasa, Anda masih bisa terluka. Lebih baik melakukan hal ini untuk menjaga diri Anda aman, sekalipun kucing Anda sedikit berontak.


Kucing mandi
 Tapi Anda tidak harus memotong kuku kucing Anda tepat sebelum Anda memandikan dia. Lakukan pemotongan kucu sehari sebelumnya atau setidaknya beberapa jam sebelum anak kucing dimandikan. dalam beberapa kasus, kucing menjadi sedikit agresif dan marah setelah kuku mereka dipotong, maka yang harus dilakukan sebelum memandikannya adalah si kucing harus merasa tenang dan santai, anda bisa membuatnya nyaman terlebih dahulu.

Jika anda terkendala ketika memotong kuku sikucing, maka tanpa dipotong kukunya sebelum mandi juga tidak masalah yang penting anda harus siapkan pelindung dengan cara melilitkan handuk ditangan anada untuk menghindari cakaran. 

3. Menyisir bulu kucing sebelum memandikannya

Sebelum Anda merendam anak kucing Anda, Anda harus menyikat bulunya, sisir dibagian kakinya, perutnya, dan juga bagian atas kepalanya. Hal ini penting karena Anda akan memastikan bahwa bulunya tidak kusut. Jika Anda memasukkan kucing dengan bulu tak tersisir ke dalam bak mandi, maka akan menyusahkan anda ketika memandikannya, Jangan mengabaikan langkah penting ini.

Beberapa kucing sangat senang ketika bulu mereka disikat dan disisir ini bisa membuatnya sangat santai. Tapi ada sebagian kucing yang menjadi sedikit panik atau gelisah ketika bulu mereka disikat. Jika proses ini tidak menenangkan kucing Anda, maka berikan sikucing setidaknya satu atau dua jam untuk menenangkan diri sebelum mandi dimulai. Memberikan kucing Anda hadiah kecil setelah menyikat dia dapat membuat proses terasa lebih positif.

4. Gunakan pakain pelindung ketika anda memandikan kucing

Jangan memandikan kucing sambil memakai tank top atau baju lengan pendek yang terbuka karena rawan cakaran. sebaiknya pakai kemeja lengan panjang dengan ketebalan yang cukup, sehingga berkurang kemungkinan kucing Anda mencakar Anda,Sangat dianjurkan jika pakain anda terbuat dari bahan katun tebal karena tidak tertembus cakar.

5. Siapkan sampo kucing Anda
Anak kucing membutuhkan sampo yang khusus, dan kucing berkutu perlu sampo yang diformulasikan untuk membunuh kutu, telur kutu dan lain-lain. Untuk Kucing yang tidak kutuan atau jamuran dapat menggunakan sampo kucing yang umum, jangan menggunakan sabun dan sampo manusia atau sampo untuk anjing karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit kucing.

6. Siapkan peralatan mandi kucing

Ketika Anda siap untuk memandikan kucing, ambil cangkir untuk menuangkan air dan handuk untuk mengeringkan kucing. Siapkan sampo. Lbih bagus jika memandikan kucing ini berdua agar bisa memudahkan, Jangan lupa untuk menutup kamar mandi anda agar si kucing tidak kabur.

7. Jadikan mandi menarik untuk kucing Anda

Jika kucing Anda baru pertama kali dimandikan, Anda bisa mencoba agar mandi menjadi hal yang menyenangkan dan menarik bagi kucing Anda. Anda bisa memberikan beberapa mainan favoritnya dan menempatkan mereka di wastafel atau baskom yang Anda gunakan, atau bahkan mengaitkan area di mana Anda memandikannya dengan kesenangan dan kegembiraan, sehingga ia tidak menganggapnya sebagai tempat yang menakutkan.

8. Mandikan kucing Anda ketika dia merasa tenang.

Membuat kucing anda merasa tenang adalah hal yang sangat penting. Jangan memandikan kucing Anda satu menit setelah Anda bermain selama setengah jam dan menjadikan dia terlalu semangat, atau setelah dia menjadi kotor setelah berlarian kesana kemari.

Sebelum memendikannya berilah dia makan terlebih dahulu sehingga tidak membuat kucing merasa gelisah dan cemas, sebaiknya, pilih waktu ketika dia sudah tenang dan setelah beristirahat, atau ketika sedang santai sehingga memandikan kucing jadi lebih mudah.

9. Cara dan Tempat yang baik untuk memandikan kucing


Tempat-tempat yang paling umum untuk memandikan kucing adalah di eastafel atau baskom. Wadah yang kecil memudahkan untuk memandikan kucing Anda dan untuk mempertahankan kontrol dirinya. Bathtub akan membuat lebih sulit untuk memandikan kucing Anda.

Meskipun beberapa orang ingin mengisi wadah dan kemudian "mencelupkan" kucing mereka ke dalam air, hal ini sebenarnya dapat menyebabkan si kecil Anda panik, sehingga Anda harus mencoba ini hanya sebagai jalan terakhir. Lebih umumnya, Anda harus menempatkan kucing di baskom dan kemudian perlahan-lahan tuangkan air hangat di atasnya.

Dan jangan lupa Anda juga dapat mempertimbangkan menempatkan keset karet kamar mandi di bagian bawah wastafel atau baskom untuk membantu mencegah kucing Anda tergelincir dan terpeleset.

Sementara kucing berada di wastafel atau baskom, maka mulai gunakan cangkir untuk menuangkan air hangat pada kucing sampai benar-benar basah. Tuangkan lembut-lembut pada kucing Anda, bahkan belai dan elus bulunya saat Anda melakukannya sehingga ia merasa tenang. Jika Anda memiliki dengan dua orang, maka satu orang bisa membantu mempertahankan kontrol terhadap kucingnya dengan memegang bahunya, sementara orang yang lain menuangkan air. Tuang air tidak lebih dari setengah cangkir penuh di atas kucing Anda pada suatu waktu, dan coba untuk menghindari wajahnya di tahap ini.

Mulailah menggosok dan memijat ke leher, punggung kucing sampai ekor dan kaki belakang hingga sampai keperut dengan sampo kemudian bilas lakukan secara berulang-ulang hingga benar-benar bersih kemudian keringkan si kucing dengan handuk atau kain kering.

Oh iya jangan mengguyur wajah atau muka kucing anda,karena bisa bikin dia panik, sebaiknya anda menggunakan kain basah untuk menyeka wajahnya, ada beberapa kucing yang tidak ingin wajah mereka disentuh, terutama ketika ada air yang membasahi, sehingga Anda harus selembut mungkin.

10. Mengeringkan bulu kucing setelah dimandikan

Beberapa orang menggunakan pengering rambut pada setting terendah untuk membantu mengeringkan kucing mereka. Anda harus melakukan apa yang terbaik untuk kucing Anda. Beberapa kucing terpesona dengan pengering rambut dan ada pula yang takut. Jika kucing Anda baik-baik saja dengan pengering rambut, maka settingkan pada pengaturan panas terendah dan dengan lembut keringkan bulunya seperti yang Anda lakukan untuk rambut Anda, sedikit lebih berhati-hati saja agar tidak menakut-nakuti kucing atau membahayakan dirinya.

Anda harus cepat mengeringkan kucing untuk membuang sebagian besar kelembapan. Sadarilah bahwa kucing lucu ini bisa kehilangan banyak suhu tubuh melalui bulu basah sehingga keringkan kucing secepat mungkin,yang perlu diperhatikan Handuk bisa membuat kucing merasa sedikit sesak dan dia mungkin sedikit panik, jika ada matahari anda bisa menjemur kucing yang telah dimandikan tersebut dengan cacatan sikucing sudah dikeringkan terlebih dahulu.

PERHATIAN :

Jangan pernah kenakan sabun di wajah kucing Anda, tapi kalau kena, cepat bilas dan jika terkena iritasi, bawalah ke dokter hewan.

Jika Anda memiliki banyak kucing, bisa jadi kucing yang lain tidak akan mengenal kucing yang Anda mandikan dan akan curiga padanya karena Anda menghapus bau pengenalnya. Mandikan semua kucing Anda kalau bisa. Apapun jadinya, butuh berhari-hari agar bau khasnya kembali.

Mandi dapat dapat berisiko kesehatan yang serius terhadap anak kucing. Mereka dapat sangat mudah terkena flu, baik dari dinginnya air dan hilangnya insulasi/evaporasi begitu bulunya basah. Jika anak kucing Anda sangat kotor, konsultasikan ke dokter hewan. Hal yang sama berlaku jika ada alasan mencurigai bahwa zat yang mengotori anak kucing Anda dapat berdampak buruk pada kesehatannya, baik itu dari kontak dengan kulitnya atau tertelan sesuatu ketika dimandikan.

Demikian info tentang cara memandikan anak kucing, semoga bermanfaat bagi cat lover semua.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori

Recent Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Label

Theme Support